Yuk, Berkenalan dengan Budaya dan Alam Samarinda!

image004

photo by : Kaltimpost, prokal.co

Kalian pasti tidak asing kan mengenal nama kota Samarinda? Yap, Samarinda, kota yang merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Timur ini kaya akan budaya, sehingga banyak wisatawan yang datang untuk berkunjung. Termasuk salah satu kota tujuanku setelah Banjarmasin, kota kelahiran mama. Meskipun sarana transportasi saat ini hanya terbatas di darat dan laut saja -Iya lho, belum ada bandara nih..- Tapi kamu tetap bisa menikmati indahnya kota Samarinda!

Untuk lebih mengenal budaya Samarinda, kamu bisa mengunjungi salah satu tempat wisata yang berada di jalan poros Samarinda-Bontang km 5, bernama Desa Pampang. Desa ini merupakan tempat wisata adat suku Dayak.
Pasti sudah tidak asing dengan suku satu ini ya? Suku Dayak dapat diartikan sebagai orang yang berasal dari pedalaman. Nah, di desa ini salah satunya kamu bisa lebih mengenal suku Dayak lebih dekat lagi, mempelajari budayanya dan berinteraksi dengan warganya yang ramah-ramah.

Untuk lebih menikmati liburan di desa yang berlokasi di Kota Samarinda ini, kamu bisa mencari penginapan atau hotel terdekat. Tenang, sekarang ‘kan jamannya digital, jadi kamu bisa dengan mudah menemukan penginapan yang sesuai dengan keinginanmu website OTA (Online Travel Agent) seperti Traveloka, agoda, pegi-pegi dan lain-lain.
Jika ingin merasakan pengalaman yang berbeda, kamu juga bisa di rumah warga di desa Dayak ini lho. Ciri khas rumah-rumah di desa ini adalah bentuknya berupa rumah panggung dengan tangga yang berbeda, patung blontang yang mengelilingi rumah, dan bagian kerennya, ada kepala patung naga yang berada di atap rumah.

Di Desa tersebut juga kamu bisa mengunjungi rumah Lamin yang besar dan berhalaman luas. Rekomendasi kunjungan untuk desa ini adalah pada hari minggu! Kenapa? Karena pada hari Minggu, kamu dapat menyaksikan atraksi budaya dari suku Dayak Kenyah oleh masyarakat yang tujuannya untuk menjamu para tamu dan untuk mengenalkan budaya mereka.


Source : alfianapriani.com

Selain Desa Dayak yang bernama Desa Pampang ini, Kota Samarinda juga mempunyai tempat wisata yang memiliki pemandangan yang sangat indah.

Ada beberapa tempat wisata di Samarinda yang tidak boleh kamu lewatkan jika jalan-jalan kesini:

1.Kebun Raya Unmul
Konon katanya, Kebun Raya ini adalah salah satu tempat favorit untuk berwisata di kota samarinda. Anda dapat melihat banyak sekali binatang, mulai dari kancil, kuda, orang utan dan monyet ekor panjang, sampai dengan buaya! Eits, tidak hanya kebun binatang lho…ini kebun raya, jadi banyak sekali hal yang bisa kamu lihat disini!


Source : samarindaguide.com

Pepohonan yang rindang membuatmu bisa asyik jalan-jalan di dalam Kebun Raya ini. Kalau capek berjalan kaki, kamu juga bisa berkeliling dengan menggunakan delman yang merupakan salah satu fasilitas tempat ini. Lelah jalan-jalan? Tenang saja, objek wisata ini juga menyediakan gazebo yang berada di setiap sudut jalanan.
Kebun Raya ini memiliki banyak aneka permainan yang menarik para wisatawan seperti sepeda air, komedi putar, gokart, motor ATV dan bianglala. Cocok banget kan untuk kamu dan pasangan, atau untuk rekreasi keluarga!
Jika anda berniat untuk mengunjungi Kebun Raya Unmul ini, kamu hanya perlu berkendar 10 menit saja dari pusat kota Samarinda. Kebun Raya Unmul buka setiap hari kecuali hari Jumat. Tempat wisata ini buka pada jam 09:00 WIT dan tutup pada pukul 16:00 WIT .

2. Air Terjun Tanah Merah


Source : anekatempatwisata.com

Siapa yang gak suka basah-basahan dan main air seru di air terjun sih?? Nah, kalau kamu ke Samarinda, air terjun satu ini ‘gak boleh kamu lewatkan.
Lokasi dari air terjun ini bertempatan di dusun Purwosari, kecamatan Samarida Utara. Air terjun ini dengan tinggi 15 meter ini memiliki pemandangan alam yang alami dan hawa sejuk yang bisa membuatmu refresh lagi! Tempat wisata ini cukup banyak dikunjungi wisatawan terutama pada hari libur. Kenapa disebut Tanah Merah? Konon Air yang mengalir akan terlihat jernih dan bersih, namun saat di bawah, air akan berubah menjadi keruh kemerahan. Hal ini dikarenakan tanah di sini berjenis gambut.
Ada angkutan umum yang bisa mengantarkanmu langsung ke air terjun ini dari Kota Samarinda, lho. Jadi untuk kamu para backpacker, tentunya ini harus masuk list perjalananmu ya!

3. Pulau Beras Basah
Pulau ini berada di Selat Makassar yang terletak di Bontang , Kalimantan Timur. Walaupun cukup jauh perjalanan, kamu tidak akan kecewa dengan pemandangan yang akan disuguhkan pulau ini. Kamu yang hobi diving atau snorkeling, bisa turun dan menyelam untuk melihat indahnya pemandangan laut Pulau Beras Basah dari dalam air, dan bermain di pantai pasir putih pulau ini.

Tentu masih banyak lagi tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi saat berada di Samarinda, jadi buat list tripmu sendiri ya!! Kalau setelah dari Samarinda kamu ingin banyak bermain air dan menikmati pantai, jangan lupa untuk berkunjung juga ke wilayah Kalimantan yang lain yang terkenal akan keindahan pantainya, Berau dan Derawan!!Sedikut ulasan Derawan, bisa kamu lihat di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *