Fantastic Railway Pass in Japan and How To Find Them

img_8689

Buat jalan-jalan murah meriah sekaligus dapat banyak pengalaman menarik dan pemandangan yang unik, kamu tentu tidak boleh melewatkan bepergian dengan moda transportasi satu ini. Yap, kereta! aku sendiri tipe yang suka sekali naik kereta, khususnya di Jepang. Kenapa? Karena banyaaak sekali ragamnya, dan tentu rasa dan nuansa saat menaiki berbeda-beda lho, serius deh.

Alhamdulillah aku dikasih kesempatan untuk jalan-jalan di Jepang dari ujung Utara (walaupun gak literally ujung siiih yaaah) Hokkaido, sampai dengan ujung Selatan (lagi2 bukan berarti mentok sampai pulau ter-utara lah yaaa) Okinawa. Berbarengan dengan jalan-jalan itu jugalah, kesempatan aku untuk mencoba berbagai macam tipe kereta di negara teknologi kece ini! Mau tau apa saja? Yuk disimak :)

TIKET KERETA BIASA

Tiket Kereta Biasaaa
Tiket Kereta Biasaaa

Iya, untuk kereta dalam kota, misalkan Tokyo, kamu bisa beli tiket semacam di atas ini di mesin penjual tiket otomatis di setiap stasiun.

Lowest fare tiap tiket berbeda2 masing-masing daerah, untuk Tokyo sendiri mulai dari harga 140¥.
Kamu bisa mengecek rute yang ingin kamu ambil dan sekaligus harga tiketnya di banner besar tiap stasiun yang biasanya tepat berada di atas mesin penjual tiket otomatis.

Atau kalau kamu gak mau repot, kamu bisa beli tiket dengan harga terendah, dan men-charge-nya di mesin “Penyesuai Harga” yang biasanya ada di dekat gate keluar-masuk stasiun…. atau yaaa… tanya saja sama staff stasiunnya, mereka pasti akan bilang jumlah yang harus kamu bayar kok 😀

IC CARD

IC Card
IC Card

IC Card merupakan kartu prabayar semacam e-money yang kalau hilang atau jatuh siapapun bisa memakainya.. (penjelasan macam apa inih ^^”). Kamu bisa membeli IC Card, lagi-lagi di mesin penjual tiket otomatis di setiap stasiun. Harganya mulai dari 1000¥ dan sudah termasuk deposit 500¥ di dalamnya.

Kamu juga bisa menulis nama kamu di kartu ini lho! Jangan bingung degan bahasa Jepang di mesinnya, kamu bisa memilih menu dengan Bahasa Inggris, jadi tenang saja ya :)

Kalau sudah punya kartu ini, kamu tinggal ‘tap’ di gate, lalu melenggang masuk. Jangan lupa untuk selalu mengecek saldo kartu IC Card mu, kalau saldonya kurang, gate akan menutup dan kamu harus men-charge kartumu atau ya sesuai dengan kekurangan saldomu saja. Gampang kok… lagi-lagi kalau bingung, serahkan saja pada sang petugas loket 😀

IC Card ini punya berbagai macam nama di berbagai macam tempat di seluruh Jepang. Di Tokyo sendiri disebut SUICA, ada KITACA (Hokkaido), ICOCA (Osaka-Kyoto-Kansai Area), NIMOCA, SUGOCA, OKICA, dsb.
Aku sendiri agak menyesal kenapa tidak mengoleksi satu-satu kartu IC ini yaaa…yang aku koleksi malah SUICA karena berkali-kali hilang, sekalinya sudah beli malah yang hilang ketemuu, hadeuuuh =,,=

Kelebihan pakai IC Card?
> Harga lebih murah 5-10¥ dari harga tiket normal
> Bisa dipakai saat membeli di Mesin Penjual Minuman Otomatis (Jidohanbaiki)
> Bisa dipakai saat belanja di beberapa supermarket dan toko waralaba (Kalau saldo kamu cukup yaa)
> Tidak hanya kereta JR alias publik, yang dijalankan oleh pihak swast pun seperti beberapa subway (Tokyo Metro misalnya) dan beberapa kereta lain seperti monorail pun bisa menggunakan IC Card ini.
> Tidak hanya untuk kereta, beberapa bus juga menerapkan sistem pembayaran dengan IC Card, jadi praktis seperti One Stop Card gitu deh :)

OKICA nan Lucu dari Okinawa!!
OKICA nan Lucu dari Okinawa!!

Berhubung kartu di masing-masing area berbeda, ada kalanya kamu tidak bisa memakai kartu area tertentu di area yang lain. Oleh karenanya jangan panik, cek saja dulu lengkapnya disini :
SUICA CARD

Ps. Kepanjangan dari IC -nya sendiri adalah mitos…

SEISHUN 18 KIPPU

(Cara baca : Seishun jyuuhachi kippu)
Apakah itu tiket yang namanya panjang banget ini?? Ini adalah tiket murah meriah buat kamu yang mau menjelajah Jepang dari utara sampai selatan dengan KERETA LOKAL!! Kereta Lokal lho yaaah…kamu tidak bisa bepergian dengan shinkansen atau special rapid menggunakan tiket ini.

Aku menggunakan tiket ini, untuk bertualang dari Tokyo hingga Osaka. Tau berapa lama? Jorudan (aplikasi untuk cek jadwal kereta) sih bilangnya sekitar 8 jam-an, setelah dijalani, Tokyo-Osaka aku tempuh dalam waktu…12 jam!! Ayeeey!

Tepos pantat siiih, tapi pemandangannya selama di jalan itu lho, aduhai banget! Kamu juga bisa berhenti di berbagai macam stasiun lokal (Iya, soalnya kamu cuma bisa naik kereta lokal juga, yang kadang berhenti hampir di setiap stasiun), yang kadang tidak ada apa-apa kecuali box petugas stasiun sama beberapa bangku reyot, dan sepii. Kadang saking lama nunggu saat harus ganti kereta ke kereta yang lain, aku sempat sholat di peron. Seru? Banget!

Selain itu, aku juga pakai saat bepergian dari Kagoshima ke Kumamoto. Sumpah, ini pengalaman seumur hidup yang gak bakal dilupain! Gara-gara salah naik yang special rapid, aku dan teman-teman sempat diturunin di random stasiun lho!! Ahahahaha… hati2 cek keretanya yaaa…

18 Kippu ini punya periode tertentu untuk membelinya, tidak sepanjang tahun dijual, hanya saat musim liburan tertentu saja. Hanya berlaku untuk 3 bulanan saja saat musim panas dan 1 bulanan saat musim dingin.
Kamu bisa membeli tiket ini dengan harga 11.850¥ (atau sekitar 1,3jutaan) untuk 5 kali pakai selama waktu periode. Siapapun bisa memakai tiket ini lho.
Jadi misalkan, kamu beli satu tiket 18 kippu, tapi cuma pakai 3 kali, masih sisa 2kali, kamu bisa kasih ke temanmu, atau orang yang mau…. yang mau lho yah, ga usah dipaksa ^^”.
Atau kalau kamu mau pakai 5 kali sekaligus dalam sehari juga bisa kok, kalau kamu bawa 5 teman, soalnya hitungannya 1 kali untuk 1 orang kalau ramai2 pakainya dalam sehari.

Bingung? Coba cek detailnya di web resminya ini yah : SEISHUN 18 KIPPU

Atau cek ulasan lengkapku juga untuk 18 Kippu ini disini yaa… Jalan2 Murah dengan 18 Kippu

JR PASS

Si Hayabusa yang Tjetaaar Tjepetnyaa
Si Hayabusa yang Tjetaaar Tjepetnyaa

JR Pass tentu tidak asing bagi mereka yang sering bepergian atau mau pergi jalan-jalan ke Jepang. Yap, kartu yang terkenal diantara traveler Jepang ini adalah kartu yang dijual di luar Jepang untuk digunakan nantinya di Jepang dengan harga mulai dari 38.880¥ (Harga anak kecil setengahnya) untuk durasi mulai dari juga 7, 14 dan 21 hari berturut-turut (Ingat, BERTURUT-TURUT lhooo).

JR Pass ini dijual di beberapa travel agent di luar Jepang, sehingga saat kamu sampai di Jepang, kamu tinggal mengaktivasinya saja di stasiun besar tertentu dan memakainya kemana suka dari ujung selatan sampai ujung utara Jepang, selama ada jalur JR disana :)

Meskipun dengan ini kamu bisa naik mulai dari kereta lokal, rapid, special rapid, express, bahkan shinkansen sekalipun, kamu tidak bisa pakai ini untuk shinkansen super cepat dan kece semacam Nozomi dan Mizuho. Kamu juga tidak bisa pakai JR Pass untuk kereta-kereta subway dan tentu saja, tidak bisa dipakai untuk naik bus atau beli minuman di mesin penjual otomatis ^^”.

Jangan khawatir, Kartu Pass yang cuma dapat dibeli orang asing dengan visa turis sementara ini bisa membawamu sampai ke Hokkaido hanya dalam waktu 4 jam-an saja lhoo…. meski sampai daerah Shikoku-Ehime, dan kawan-kawan ke selatan sana belum ada shinkansen ^^”.

Harus reserve seat? Ooo… jangan khawatir, tinggal menunjukkan JR Pass kamu bisa meminta reservation seat di Loket Tiket (yang ada petugasnya ya) shinkansen ataupun Tiket Office (dalam bahasa Jepang : Midori no Madoguchi – みどりの窓口) di stasiun manapun yang ada loketnya tersebut. Kamu bisa memesan bangku bahkan di hari keberangkatan yang sama tanpa ada tambahan biaya apapun!

Berkat si kartu sakti ini, Osaka – Kyoto – Nagoya sudah beberapa kali terjejak, dan terakhir, saya pakai untuk ke Aomori!!! Destinasi cita-cita saya semenjak saya menjejak di Jepang!
Tokyo – Shin Aomori selama 3 jam… jujur, sebenarnya tidak terlalu suka sama shinkansen, kenapa? Terlalu sepiiii, terlalu nyaman, bikin terbuai, tapi malah kadang jadi gak betaaah huhuhu… atau terlalu ndeso kali yak?? Hehehehe..

Monggo web resminya disini : JR Pass

JR Tokyo WIDE PASS

Ini adalah special pass untuk daerah Tokyo, juga Kanto dan sekitarnya. Pass ini bisa dibeli bahkan buat kamu yang tinggal di Jepang dengan visa menetap :)
Biasanya mulai populer dijual saat musim dingin. Tanya kenapa? Karena salah satu spot ski bernama Gala Yuzawa juga bisa dijangkau dengan menggunakan Wide Pass ini.

Dengan harga 10.000¥ dan paspor yang membuktikan kamu turis asing, kamu bisa pakai tiket ini untuk 3 hari berturut-turut. Aku memakainya untuk pergi ke Izu, Kawaguchi, Nikko, dan beberapa tempat lainnya yang kalau dengan kereta biasa atau beli tiket special rapid dengan harga biasa akan sangat mahaaal sekali. Nah, dengan 10.000¥ saja, sudah dapat muter-muter ke berbagai spot wisata sekitaran Tokyo dan Kanto lho!

Sayangnya, berhubung ini hanya Tokyo dan Kanto area saja, kamu tidak bisa pakai Tokaido Shinkansen atau shinkansen lain di luar wilayah Kanto dengan tiket ini.

Untuk lebih detailnya, kamu bisa cek disini : Tokyo Wide Pass

SPECIAL PASS

Special Pass Kichijoji-Kawaguchi
Special Pass Kichijoji-Kawaguchi

Apa itu special pass? Special Pass adalah tiket terusan khusus untuk bolak-balik di area tertentu dalam periode tertentu yang kadang harganya bisa jadi lebih murah daripada kamu beli satu-satu!
Contoh Special Pass yang pernah aku pakai adalah Pass dari stasiun Kichijoji (Tokyo) menuju Kawaguchi-ko. Harga special pass ini adalah 4,300¥ saja untuk round trip, sementara kalau beli One way (cek di aplikasi Jorudan) harganya Kichijoji-Kawaguchiko adalah 3,300¥. Tidak hanya itu, special pass ini juga sudah termasuk, bus merah dan biru dari stasiun Kawaguchiko yang berkeliling memutari tempat-tempat wisata di danau Kawaguchi tersebut. Turun dari bus, naik lagi, turun lagi, sepuasnya seharian itu gratis, karena sudah termasuk dalam tiket special pass tersebut.

Belinya dimana? Kamu bisa membeli tiket ini di mesin penjual tiket otomatis kok, hampir di semua stasiun. Karena kawaguchiko adalah salah satu daerah wisata, pilihan menu untuk lokasi ini tertera dengan jelas.

HItachi Seaside Park
HItachi Seaside Park

Selain itu, aku juga pernah mendapat tiket special pass saat pergi ke Hitachi Seaside Park. Tau dong yah Hitachi, itu loh taman yang luas dan kalau pas musim gugur, rumputnya jadi meraaaah semua. Dengan hanya membayar 1,100¥, aku sudah dapat 1 free day pass untuk kereta bolak balik sepuasnya dari stasiun Katsuta ke stasiun terdekat dengan Hitachi Seaside Park (Lupa nama stasiunnya T,,T) sekaligus tiket masuk tamannya lho! Ada shuttle bus gratis pula dari stasiun tersebut menuju taman di saat weekend.

Pemandangan dari Kereta 1 gerbong
Pemandangan dari Kereta 1 gerbong

Jadi, kalau kamu bertanya di loket tiket, atau cari tahu sendiri dan berkutat dengan mesin penjual otomatis, atau jeli melihat promo dadakan di stasiun, kamu bisa saja dapat special pass yang murmer ini untuk lokasi-lokasi wisata tertentu!

Cara beli tiket bisa lihat detail disini : TICKETING
Ps. cara beli tiket lho yah…tiket biasa, saya ndak bilang tips membeli tiket khusus ^^”.

SUBWAY PASS

Subway Pass di Hokkaido
Subway Pass di Hokkaido

Seperti namanya, adalah tiket terusan khusus untuk segala subway di beberapa area tertentu yang menyediakan. Jika di Tokyo, ada Tokyo Metroline 1 day pass, selain di Tokyo aku juga pernah pakai saat di Hokkaido, karena beberapa tempat banyak menggunakan subway di Hokkaido, kalau jalur biasa bisa-bisa tertimbun salju terus ^^”.

1 Day pass ini bisa kamu beli di mesin penjual otomatis khusus untuk subway. Jangan beli untuk kereta JR biasa, loket-loket untuk subway bisa kamu temui sebelum gate di stasiun-stasiun subway mana saja.

—–


Kereta 1 Gerbong yang unyu

Banyak sekali kereta yang pernah saya naiki, dari yang kacanya kecil-kecil ga asik, sampai yang gede-gede dan bisa melihat pemandangan sekitar. Dari yang gerbongnya banyak sampai yang cuma satu gerbong. Dari shinkansen mandiri, sampai shinkansen yang gandengan…shinkansen aja gandengan, masa kamu enggak, ahay! Dari yang duduknya nyampiiiing semua, sampai yang hadap-hadapan. Dari yang kursinya empuk sampai yang agak tepos dan keras. Dari yang plain dan boring, sampai yang dihias dengan berbagai karakter lucu.


Banyak kelinci di dalamnya :)

Masih banyak tipe kereta lain yang belum pernah saya coba, tapi itu nanti-nanti sajalah ya :)
Atau mungkin sekarang giliran teman-teman yang bercerita untuk kereta yang lain 😀

Jadi, siap bertualang dengan berbagai kereta di Jepang?? Yuk!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *