Makan Halal di Tokyo?? Banyaaak!!!

img_7436

Jepang…. Salah satu negara yang hampir penduduk muslimnya bisa terbilang langka ini tentu menimbulkan asumsi orang-orang kalau menemukan tempat makan atau masjid merupakan sebuah keajaiban.
Kawan, itu cuma mitos, Jepang sekarang sedang menggerakkan program Muslim Friendly, kenapa? Karena tidak hanya banyaknya turis muslim yang datang, tetapi juga dalam rangka menyambut Olimpiade 2020 ini, sang ibukota, Tokyo, yang merupakan pusat kota dengan ragam etnis, bangsa, dan budaya, tentu harus juga menyambut para muslim yang ingin makan halal enak dengan tenang di negaranya.

Aku cukup beruntung dapat universitas yang tidak jauh dari pusat kota, sang ibukota, Tokyo. Cukup banyak restoran halal enak bertebaran dimana-mana, terutama di daerah wisata. Berikut lokasi wisata dan nama restoran-restorannya atau tempat makan halal di TOKYO yang pernah aku singgahi :

SHINJUKU
Familiar kan dengan namanya? Tentu sajah, ini salah satu tempat belanja favorit orang-orang kalau datang ke Jepang. Disini juga ada taman besar yang cantik lho! Kalau kamu ke stasiun Shinjuku, embrace your self! Jangan kebawa orang, ini salah satu stasiun tersibuk di Jepang, kamu harus tau kemana tujuanmu! Nah, mulai dari sini mungkin perjalanan kuliner halalmu dimulai! Ingat, jangan kebawa orang yooo

Ouka Ramen, Shinjuku Gyoen Mae

Salah satu restoran ramen the best in town!! Restoran ini sudah bersertifikat Halal! Jadi tidak usah takut2 lagi makan disini.
Ramennya berasa home made, al dente, dengan kaldu ikan atau kaldu sayuran jika kamu gak suka ikan kayak aku :)
Satu set ramen Halal disini mulai dari harga 1.050¥ untuk ukuran kecilnya. Harga tersebut sudah termasuk ramen halal, ayam panggang, telur rebus setengah biji, nasi, dan kemarin ada menu dessert baru yaitu ubi ungu manis yang enyaaak!
Setelah makan, kamu akan disajikan minuman yang terbuat dari jahe dan peach (kalau ga salah) untuk menghilangkan rasa amis di mulut setelah makan ramen berkaldu ikan. Kamu bisa memesan secara terpisah Tsukune, yaitu semacam daging bakar yang yummy dan juicy banget, cuma 400¥! Worth it lho!

Alamat : 1 Chome-11-7 Shinjuku, Tokyo 160-0022
Kalau Bingung : Jalan kaki sekitar 15 menitan dari stasiun Shinjuku atau 5 menit dari exit nomor 2 stasiun subway Shinjuku Gyoen Mae.
Kalau masih bingung: Gugel map ajah 😀

Bosphorus Hasan Shinjuku

Ini salah satu restoran Turki tertua di Jepang lho! Agak pricy memang, tapi kamu bisa makan sup mulai harga 300-400¥ kok, nah dari harga itulah harga makanan lain mulai merangkak naik ^^”. Untung waktu itu aku ditraktir ehehehe. Disini ada pizza ala Turki yang maknyusss banget lho! Kamu harus coba yang satu itu!
Kira2 kalau lunch bisa abis sekitar 1500¥ tapi kamu udah dapat makanan ini itu. All halal! Jadi, santai makannya :)
Untuk info lebih lanjut, aku pernah menulis lengkap tentang Bosphorus Hasan disini, bisa langsung cek di webnya ya :)
https://indonesia.fun-japan.jp/Articles/2016/07/14/ID_20160717-17-Bosphorus-Hasan

Letaknya memang agak susah di cari, tapi kalau kamu tau Kabukicho? Nah, dari situ lurus aja dikit terus belok ke kiri, terus kiri lagi…. ga kebayang? Pake gugel map lagi aja :)

EBISU

Enggak familiar dengar nama tempatnya?? Ok, gapapa. Tapi mulai sekarang, kamu harus apalin baek2 yaa nama stasiun satu ini! Kenapa? Karena disini ada Halal Ramen terenak di Tokyo yang pernah aku makan!! Hehehehe…

Honolu Halal Ramen Ebisu
Sebenarnya pertama kali dibuka di Nihon Bashi, tapi pertama kali memperkenalkan menu Halal di cabangnya yang Osaka. Nah kali ini, alhamdulillahnya, mereka juga buka cabang satu lagi di Ebisu! Di Honolu Halal Ramen ini, kamu bisa memilih berbagai macam menu, lho! Selain ramen, ada suki yaki juga (biasanya hanya khusus malam hari), dan bermacam side dish yang lezat, seperti gyoza, karaage, dan takoyaki!

Ramen yang kaya akan kaldu ayamnya ini, bisa kamu nikmati pedas atau biasa, mantap deh pokoknya!!

Untuk dapat kesini, kamu bisa pergi ke stasiun Ebisu terlebih dahulu, lalu cari pintu keluar Timur alias East Exit. Nah, dari sini lempeng aja menggunakan walking eskalator-nya Sky Walk Ebisu yang menuju arah Ebisu Garden Place. Kalau sudah dekat-dekat ujung eskalatornya, kamu lihat deh keluar jendela di sisi kanan eskalator, nah Honolu Ramen kelihatan dari situ! Tinggal menyebrang jembatan dan ketemu deh!

Kalau mau coba enaknya ramen Jepang yang sudah pasti kehalalannya dan kelezatannya,maka Honolu ramen harus masuk kedalam list kamu! Ohiya, ada mushola kecilnya juga lho, jadi jangan khawatir ketinggalan waktu sholat disini :)

Jam Buka : 11:30 – 14:30, malam > 17:00 – 22:00

UENO
Kalau jalan-jalan di Tokyo, jangan lupa main ke Ueno! Di Ueno kamu bisa mengunjungi tamannya yang luaas banget! Di tamannya ini, ada lebih dari 5 museum yang bisa kamu datangi, dan sebuah kebun binatang, dimana kamu bisa melihat panda raksasa yang lucu bermain-main atau seringnya bermalas-malasan. Selain area taman, Ueno juga punya area belanja, namanya Ameyoko. Nah disini kamu bisa puas memilih banyak sekali warung makan halal dimana-mana!!

Kebab Turki
Ada sekitar 4 kios Kebab Turki (kalau belum nambah) di Ameyoko-cho ini. Rasanya tidak jauh berbeda satu sama lain sih. Tapi yang paling aku rekomendasi adalah Doner Kebabnya! Tapi lagi2, kalau tidak salah, judulnya sama Doner Kebab semua, yang aku rekomen adalah warung yang warnanya di dominasi warna kuning pokoknyalah. Harga kebabnya mulai dari 500¥ dengan porsi besar!Kamu bisa pilih saus yang kamu mau juga disini. Jangan makan sambil jalan lho yah, makan kebab dijamin pasti berantakan, soalnya isinya yang membuncah bakal kemana-mana pas kebabnya digigit :)

Chicken Man si jagonya Ayam Panggang
Warung makan ayam panggang ini diapit 2 warung makan kebab di sepanjang jalan Ameyoko. Disini kamu bisa makan ayam bakar ala-ala (Jangan harap makan ayam bakar penuh bumbu kaya di Indonesia lho yah) dengan pilihan nasi atau kentang. Kamu juga bisa membeli karaage renyah dan enak disini! Harganya pun seperti kebab, mulai dari 500¥ sajaa.

Ramen Ayam-ya

Jika kamu jalan kaki dari stasiun Okachimachi, tidak jauh dari Uniqlo Ameyoko, sekitar 10 menit, kamu bisa menikmati ramen halal juga lho! Ayam-ya sejatinya merupakan restoran ramen dari Malaysia, lalu pertama membuka cabangnya di Kyoto. Karena terkenal dan saat aku makan di Kyoto memang ini the best ramen disana, mereka akhirnya menerima panggilanku dan buka cabang di Tokyo…. yekalidah.
Supnya berasal dari kaldu ayam yang kental dan gurih. Banyak pilihan rasa pedas untuk ramen ini, dan pedasnya lumayan lho!! Aku aja kepedesan, tapi emang dasarnya gak bisa makan pedas sih hehehe. Tidak terlalu banyak pilihan topping disini, coba mereka tambahin menunya lagi, pasti seru deh!

Lokasinya dekat dengan masjid Ueno, jadi kamu juga bisa selalu menunaikan kewajiban ibadahmu kalau makan disini.
Buka dari jam 11.30 – 15.00 lalu break, dan buka kembali jam 17.00 – 23.00

HARAJUKU
Yuhuu…siapa sih yang ketinggalan singgah di tempat ini, apalagi Takeshita Streetnya yang ramai penduduk.
Sebenarnya ada beberapa warung kebab di Harajuku ini, tapi yang paling aku rekomendasi cuma satu!

King Kebab Harajuku!!
Ini adalah kebab terenak di Tokyo yang pernah aku makan!! Serius,dari sekian banyak warung kebab yang pernah aku singgahi, si King Kebab inilah yang paling enak dan menunya paling banyak! Kebabnya sendiri mulai dari harga 500¥ seperti harga kebab pada umumnya. Namun selain itu, ada pilihan kebab bowl dengan nasi kuning dan mashed potato, atau bahkan mereka punya menu Kebab Roll, ala-ala sushi roll gitu deh.
King Kebab berlokasi di Takeshita Street Harajuku, SoLaDo Building lantai 2, pas di foodcourtnya. Kalau kamu beruntung (atau sial?) kamu bisa liat idol2 lokal yang lagi manggung di foodcourt ini juga lho!! Ohohohohoho

Masjid Tokyo Jamii


Sumber : Nippon.com

Tidak jauh dari Harajuku, kalau kamu naik kereta cuma 7menitan ke stasiun Yoyogi Uehara, terus jalan kaki 5 menitan ke masjid Turki, mereka juga menyediakan kebab seharga 500¥ dan minum teh Turki gratis sepuasnya semaunya di lantai 1 masjid ini. Kalau kamu datang hari Jumat, malah lebih bagus lagi, ada pembagian makanan gratis tisss hehehe

Maharaja Indian Restaurant
Restoran India ga jauh dari Masjid Jamii ini nyempil dan kecilllll sekali, tapi samosanya enak!! Banyak yang gak tau keknya ada restoran India disini, soalnya, memang sih letaknya itu setelah masjid Jamii, bikin orang gak gitu pengen kesana ^^” Ini juga nemunya gak sengaja karena kadung lapar dan kehabisan kebab di masjid 😀

ASAKUSA
Senso-ji dan Kaminarimon adalah salah satu ikon pariwisata di Tokyo yang tidak bisa kamu lewatkan! Ini tempat tidak pernah sepiii pengunjung. Aku bakal standing applause kalau kamu berhasil foto di KaminariMon sepiii tanpa ada orang di siang hari ehehehe. Nah, karena tempat wisata, tentu kamu akan menemukan beberapa restoran halal disini, diantaranya :

Kebab Turki
Kalau ga salah namanya Rose Kebab atau apalah lupa, tidak jauh dari stasiun. Letaknya tepat di perempatan jalan. Daging ayamnya halal, sayangnya beefnya belum halal, tapi enak kebabnya lho!

Es Krim Halal
Lai-lagi tidak jauh dari stasiun, kamu akan menemukan toko kecil diantara padatnya toko-toko lain disini yang menjual halal es krim! Tinggal menyeberang ke arah nakamise Asakusa, kamu akan segera menemukan toko es krim ini. Enak lho, segar banget es krimnya!!Banyak varian rasa yang ditawarkan mulai dari vanilla, matcha, strawberry, dll. Coba sendiri yaaa.

Sekai Cafe Asakusa
Letaknya cuma 2 blok tidak jauh dari Kaminari Mon. Kalau kamu dari stasiun subway Ginza Line, kamu tinggal jalan ke sebelah kiri Kaminari-mon lalu lewat di jalan belakang Nakamise (Nakamise ituh, jalan lurus menuju Senso-ji yang penuh sama orang dan toko yang jualan souvenir itu lhoo), nah kamu lwat jalan di belakangnya, atau disampingnya, itu terus belok di belokan kedua terdekat setelah Kaminarimon.
Bingung? Ini alamatnya : 1-18-8 Asakusa, Taito-Ku, Tokyo

Disini kamu juga bisa solat lho :)

Halal Ramen NARITA-Ya

Yeeeyy, ini salah satu warung ramen halal favorit di Tokyo!! Jauh sih dari rumah, tapi demi si ramen lezat inih, gapapa deh jalan jauh jugaaa… lidah orang beda-beda, rasa halal ramen di tiap tempat juga beda2, soalnya ga ada yang punya standar yang sama, jadi menurutku enak itu fleksibel aja sih… Nah, ramen ini salah satu ramen terenaak menurutku, pun banyak toppingnya :)

Saat ini mereka punya sekitar 8 menu utama, dan berbagai macam side dish, salah satunya karaage kesukaan!! Harganya mulai dari 300¥ untuk karaage, dan sekitar 700¥ untuk ramennya. Ramen berkuah ada, ramen non-kuah juga ada lho. Pokoknya kamu harus coba Naritaya kalau ke Asakusa! Ada tempat sholat juga, jadi kamu bisa tenang jalan-jalan disini :)

KAMEIDO
Lagi-lagi pasti asing dengar nama Kameido yah? Ini nama stasiun tidak jauh dari Tokyo station. Tidak jauh dari stasiun ini, kamu bisa menemukan yakiniku Halal all-you-can-eat, lho!!!Alias kamu bebas makan sekenyang-kenyangnya dengan memilih course menu yakiniku sesukamu di…

KOWLOON YAKINIKU, KAMEIDO

Restoran yakiniku chinese HALAL buffet ini, menyediakan daging-daging mulai dari biasa sampai premium dan eksklusif! Tidak hanya daging yang datang silih berganti tak habis-habis, tetapi kamu juga bisa bebas tambah nasi, sayur, segala rupa di area buffet-nya!

Eits, jangan kenyang duluu… masih ada dessert berupa ice cream dan buah-buahan yang juga bisa kamu makan sepuasnya lho!! Dan jangan khawatir kehausan, karena restoran ini pun punya berbagai macam jenis minuman!

Satu lagi yang aku suka dari restoran ini, yaitu mushola-nya yang cukup luas!

Perut puas, hati senang, ibadahpun terpenuhi! Yes!!! Restoran ini buka dari pukul 11 siang, sampai malam! Bingung cari restorannya, cek digugel atuhlaaaah hehehehe.. 😀

ROPPONGI
Gak mungkinkan ya kamu lewatin tempat heitsss sejagad Tokyo ini, Roppongi! Apalagi kalau musim dingin nanti, bakal ada acara iluminasi di Roppongi Hills. Jalan-jalan akan dihiasi lampu-lampu cantik, dan taman-taman akan dihiasi iluminasi yang menawan. Dan bagusnya, semuanya bisa kamu nikmati gratis sembari jalan-jalan di sekitar Roppongi!

Sumiyakiya Halal Japanese and Korean Grill

Halal Yakiniku Beef!!! Ini enak bingitsss…dagingnya empuk, dan yang penting, ada rasanyaaa dan enak!!
Cuma tinggal jalan kaki 5 menitan dari Roppongi Hills lho!! Untuk detail mapnya, lagi-lagi tanya gugel ajalah yaaa

Nasi dan sup misonya refill lho!! Termasuk minuman teh dinginnya juga!
Tempatnya kecil tapi cozy, kalau makan siang ngantrinya juga lumayaaan…harga pas Lunch lebih bersahabat daripada pas dinner. Kamu harus coba kesini pokoknya kalau ke Roppongi!

KICHIJOJI
Belum pernah denger Kichijoji? Aku menobatkan area kecil satu ini sebagai Little Shinjuku! Kamu harus kesini kalau mau belanja belenji barang-barang lucu dengan harga miring. Gak hanya itu, banyak kafe dan taman Inokashira yang cantik buat bersantai atau sekedar jalan-jalan.

Potohar

Salah satu restoran India terenak yang pernah aku singgahi di Tokyo. Potohar sendiri, seperti banyak restoran India lain, adalah restoran halal yang memiliki cabang di beberapa area lain di Tokyo. Salah satunya, ya Kichijoji ini. Harga satu setnya mulai dari 700¥-an lho! Ada juga menu all you can eat dengan 3 pilihan rasa kare yang bisa nambah sekenyangmu cuma dengan membayar 1000¥ sajo!!
Enak banget karenya, ayam tandorii nya gede! Nasinya empuk, roti nan-nya yummy dan fresh baked!! 😋😋😋😋 Kalau mau dijadiin bento juga bisaaa.
Bento Chicken Kare + Tandorii : 780¥
Shis Kebaab : 200¥
Gratis lassi yogurt yg maknyusss!


SHIN OKUBO & OKUBO
Ini tempatnya para perantau macam aku pergi mencari kebutuhan pangan yang dikangenin asli Indonesia. Susah cari bahan halal memang… tapi alhamdulillah, lagi-lagi karena tinggal dekat dengan pusat kota, Tokyo, jadi apa-apa lebih mudah nemunya dibandingkan di area lain. Tapi jangan khawatir lho, tempat lain pun bisa memesan bahan dan makanan halal secara online :)
Nah di stasiun ini, tempat berkumpulnya toko-toko India, Pakistan, juga Indonesia, ada 2 restoran Indonesia, beberapa restoran Turki dan India, juga beberapa warung kebab. Saking banyaknya, aku cuma biasa pesan lalu bawa pulang.
Restoran Indonesia bernama Cafe Merah Putih dan Bintang Bali ada disini. InsyaAllah dua2nya sudah menggunakan semua bahan halal, walau kadang mereka menyediakan bir juga siiih…ya namanya juga usaha mungkin yah :)

Nah, selain itu, disalah satu restoran Turki yang jualan nasi Biryani, dijual juga semacam sate ayam, yang rasanya enak banget!! Serius enak banget, pedes, juicy, enak! Cuma 100¥ per tusuknya. Lokasinya dekat dengan Cafe Merah Putih, bersebelahan dengan warung kebab dan toko yang menjual bahan-bahan halal dari Pakistan (kalau tidak salah). Itu juga kalau kamu beruntung pas mereka masak sate ya…kalau tidak sepertinya harus menunggu lama lagii…

TOKYO SKY TREE
Sekai Cafe

Ada dua Sekai Cafe di Tokyo, yang satu di Asakusa, dan satu lagi di dekat Tokyo Sky Tree. Pas sekali di seberangnya. Kali ini yang aku rekomendasikan yang di Tokyo Sky Tree yah, selain tempatnya yang memang lebih luas daripada yang di Asakusa, Sekai Cafe dekat Tokyo Sky Tree ini juga punya tempat sholat lho. Menu makanan yang dihidangkan semua halal dan tambah lagi, sehat sehat lho!! Nasinya dihidangkan dengan nasi merah, saladnya segar, dan abis selesai makan di restoran satu ini, rasanya engga begah, malah jadi lebih sehat….mungkin sugesti aja sih. Hehehe..
Harga makanan kalau ga salah mulai dari 600¥ untuk satu paketnya. Karena namanya Sekai Cafe, jadi ya makanannya fusion gitu, Asia Kebarat-baratan… kalau di Asakusa malah ada Mie Goreng Indonesia lho, entah rasanya bagaimana, belum pernah coba. Tapi steik dan menu lain patut kamu coba, enak dan sehat!

TOKYO STATION
Stasiun pertama yang mungkin kamu singgahi jika datang ke Tokyo. Stasiun bermuka dua ini, ya…. sisinya ada dua maksudnya ahahaha…. bagian yang masih kaya Jaman dulu yang bisa kamu liat kalau keluar di exit Marunouchi, dan sisi lain yang lebih modern di bagian Yaesu exit.
Di dalam stasiunnya sendiri, kamu bisa beli Halal bento lho! Ada warung bento atau yang biasa disebut Ekiben (eki bento) yang bernama Zenmai. Satu jajaran sama toko oleh2 dekat gate Shinkansen. Disini kalau kamu beruntung dan gak kehabisan, kamu bisa mendapatkan halal bento kebab atau ayam panggang nan lezat :) ala Turki.

IKEBUKURO
Salah satu tempat banyak dijualnya barang-barang elektronik dan hobby shop, seperti Akihabara lah kurang lebih. Nah disini, tidak jauh dari stasiun Ikebukuronya sendiri, ada 2 restoran halal yang bisa kamu kunjungi. Berhubung yang satunya aku lupa namanya, jadi satu dulu ajalah yaaa hehehe

The Manhattan Fish Market

Restoran Fish n Chips ala-ala Barat ini menyajikan berbagai seafood (ada ayam juga) yang dihidangkan dengan unik dan lezaaat banget! Lokasi restorannya pun tidak jauh dari stasiun Ikebukuro, cuma nyebrang sekitar 5 menitan, kamu bisa ketemu sama Restoran satu ini.Ikan yang dihidangkan tidak amis, dan berbagai bahan makanan yang lain pun terasa segar! Mereka punya berbagai pilihan sup yang bergnati-ganti setiap harinya.

NEW UPDATE Maret, 2017 : Restorannya udah TUTUP! huhuhuhu…. :(

Masih banyak lagi restoran Halal yang belum sempat aku kunjungi, atau tidak aku tulis reviewnya karena memang belum coba makan disana. Ada pula restoran atau tempat makan yang tidak bersertifikat halal tapi bisa dimakan bagi muslim. Tapi amannya, aku share yang sudah pasti halal dan pernah aku makan ini aja yoo lah yaaa hehehe :)
Nah, tiap restoran punya waktu buka masih-masing, kadang mereka juga suka tutup mendadak, jadi biasakan cek gugel aja dulu sebelum datang ya :)
Ps. Kalau yang kebab2 Ueno sih buka dari jam 10 sampai pasar bubaran kok hehehe

Listnya bakal nambah lagi, jadi silakan mampir lagi lain kali yah 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *