10 Hal Seru Saat Musim Semi di Jepang… Yang tentunya, harus kamu coba!

Sakura-main

Rasa-rasanya negeri 4 musim yang satu ini tidak lelah ya memberi kita kejutan di setiap musim. Kalau diurutkan, dari musim di Jepang yang aku sukai, kira-kira urutannya begini : Semi > Gugur > Dingin > Panas. Setiap musim, memeiliki kelebihannya dan kekurangannya asing-masing tentunya. Nah, berhubung sudah bulan Maret dan sudah masuk musim semi. Ini rekomendasi 10 hal yang bisa kamu lihat dan lakukan saat musim semi!

1. Early Sakura di Meguro, Tokyo
Buat kamu yang travel budget, dan ingin menghindari high season tapi tetep ingin melihat sakura, terutama di Tokyo, kamu bisa lho mampir di sebuah taman kecil di kawasan Meguro. Taman ini merupakan taman berlapangan luas, dimana di pinggirannya terdapat banyak pohon sakura. Nah, pohon sakura jenis satu ini, mekar lebih cepat dari yang lain, yaitu kira-kira pada pertengahan Februari. Masih low season kan? Yes!! Sakura rimbun di taman ini bisa jadi obat penghilang galau-mu akan kekhawatiran tidak bisa melihat sakura di Tokyo! Travel list, checked yaah!

2. Serunya melihat Laut, Sungai dan Sakura di Festival Kawazu
Kalau kamu tidak punya JR Pass untuk pergi ke Kawazu naik special rapid yang super cepat, jangan khawatir, kamu bisa membeli JR Wide Pass sehara 10.000¥ untuk 3 hari dan bertandang ke Kawazu untuk melihat cantiknya festival Sakura disana! Kawazu, merupakan salah satu spot terkenal di daerah sekitar Tokyo untuk melihat sakura. Kawasan ini juga terkenal akan early sakuranya, yang biasanya sudah di mulai dari pertengahan Februari hingga awal Maret.

Tidak hanya sakura, kamu juga bisa membeli berbagai macam oleh-oleh dan makanan khas Jepang di dalam bazaar yang diselenggarakan saat festival ini.

Tidak akan bosan deh melihat sakura di sepanjang sungai Kawazu ini, tetapi jika kamu ingin lihat berbagai hal lain, Kawazu juga punya laut lho! Selain itu, kalau kamu ingin bersantai sejenak, ada juga onsen dengan air mancurnya yang terkenal sampai-sampai kamu bisa melihatnya dari jauh!

3. Hanami di Tokyo
Siapkan karpet terpal, datanglah pagi-pagi, jangan lupa juga siapkan bekal….eits, jangan abai pula dengan prakiraan cuaca yah! Untuk apa repot-repot sih? Tentu saja, untuk hanami! Kamu tau apa itu Hanami? Hanami adalah sebuah festival melihat bunga sakura, yang biasanya diadakan bersama-sama dengan kerabat kerja, teman, keluarga, bahkan pasangan…mmm…tapi kurang seru aja sih kalau berdua, kan intinya ramai-ramai. Nah, saat hanami ini, biasanya orang Jepang bebas mengekspresikan dirinya, termasuk minum-minuman di siang hari yang biasanya tidak mereka lakukan. Tahun lalu, saking sukanya dengan sakura, aku sampai hanami di tiga tempat di Tokyo lho!! Beberapa taman tempat melihat bunag sakura yang patut kamu datangi diantaranya, Ueno Park, Yoyogi Park, Shinjuku Gyoen Mae Park, dan Inokashira Park.

4. Fuji Shibazakura yang menakjubkan!

Gunung Fuji, salah satu lokasi terkenal yang mungkin tidak boleh kamu lewatkan kalau mengunjungi Jepang! Berlokasi di prefektur Yamanashi, sekitar 2-3 jam dari Tokyo, ada sebuah danau bernama Kawaguchi, atau biasa disebut Kawaguchiko. Nah, di dekat danau itulah setiap musim semi, kira-kira bulan April sampai Mei, diadakan festival FuJi Shibazakura!
Kali ini, yang bisa kamu lihat berbeda dengan sakura-sakura pada umumnya. Sakura di festival ini tidak ada pohonnya lho. Jadi kamu bisa melihat semacam hamparan padang bunga berwarna-warni di sekitaran danau dengan berlatar gunung Fuji!

Untuk lengkapnya, kamu bisa mengunjungi web resminya disini : http://www.shibazakura.jp/eng/

5. Perayaan Hinamatsuri

Kalau kamu tiba di Jepang sekitar akhir Februari atau awal Maret, kamu pasti banyak melihat boneka-boneka raja dan permaisuri, pangeran dan putri juga dayang-dayangnya yang dipajang dimana-mana. Itu karena tanggal 3 Maret, Jepang merayakan perayaan Hina Matsuri, perayaan bagi anak gadis supaya diberi keberkahan, kebahagiaan, dan kesehatan! Saat tanggal tersebut, bisa jadi kamu melihat banyak anak gadis memakai kimono lucu untuk merayakannya.
Ini juga kesempatanmu untuk berburu berbagai macam boneka Hina yang cantic dan imut-imut lho!

6. Segala Macam Makanan dengan Sakura!

Mulai masuk musim semi, banyak sekali toko-toko yang mulai mendisplay makanan dan kue-kue dengan sakura di dalamnya. Beberapa yang harus kamu coba yaitu Sakura Mochi dan Sakura Dango! Mochi yang biasanya berisi kacang merah ini dibungkus dengan daun sakura lho. Rasa khas dari daun sakura dan mocha kacang merah bersatu padu dengan baik dan membuat seolah sedang ada festival sakura di mulutmu! Hahahaha…lebay? Engga kok, soalnya memang rasanya enak dan unik, apalagi ini makanan musiman yang sulit didapat di hari-hari biasanya. Selain Sakuramochi, masih Sakura dango, dan banyak lagi kue dan pudding yang biasanya benar-benar memasukkan daun sakura di dalamnya. Kamu harus coba paling tidak, salah satunya ya!

7. Sakura-Latte is a Must-Try Drinks!
Seolah-olah tidak mau kalah dengan sajian makanannya, Starbucks pun ikut menyemarakkan musim sakura ini dengan adanya menu Sakura Latte! Minuman satu ini dengan serbuk sakura dan rasa sakura pada whip creamnya terutama hanya bisa kamu rasakan saat musim semi saja lho! Limited edition! Selain minumannya, tentunya ada Tumbler dan kartu Starbucks khusus musim semi. Kamu fans Starbucks? Nah, barang-barang tersebut jangan sampai luput dari list-mu yah!

8. Azalea Festival di Nezu shrine
Kalau kamu masih berkeliling di daerah Tokyo, jangan lewatkan untuk singgah di kuil Nezu antara awal April hingga awal Mei. Dimana itu kuil Nezu?? Pastinya kuil Nezu ini asing kamu dengar kalau ke Tokyo ya, tapi jangan salah..di kuil ini tiap musim semi, dipenuhi dengan bunga Azalea yang sangat cantik! Kuilnya sendiri sebenarnya terletak dengan pusat Tokyo lho, dengan mini ‘Fushimi Inari’-nya, alias di kuil ini terdapat gerbang-gerbang kecil hampir mirip seperti kuil 1000 gerbang Fushimi Inari, di Kyoto.

9. Saatnya Koi Nobori!
Hari Anak, atau sebenarnya Hari Anak Laki-laki, diadakan setiap tanggan 5 Mei tiap tahunnya. Saat festival hari Anak ini, kamu pasti melihat hiasan Koi Nobori, atau umbul-umbul ikan Koi dimana-mana. Saat puncak acaranya, biasanya masyarakat Jepang mengadakan acara di dekat pinggiran sungai, sekaligus mengadakan bazaar. Kamu juga bisa mencoba menaikkan sendiri umbul-umbul ikan Koi-mu.

10. Sanja Matsuri
Kamu pasti sering mendengar Asakusa kan? Iyap! Tepat sekali, salah satu spot turis yang tidak pernah sepi, terletak tidak jauh dari Tokyo Sky Tree. Tiap tahunnya, sekitar tanggal 13-15 Mei kuil ini mengadakan Sanja Matsuri. Sebuah festival yang tidak tanggung-tanggung, diadakan selama 3 hari! Kamu tidak akan bosan melihat satu persatu iring-iringan festival dari hari pertama ini, karena memang sangat menarik. Diantaranya ada penampilan Geisha dan kamu juga bisa melihat serunya tabuhan Taiko. Tapi, harus siap lho berdesak-desakan dengan jutaan penonton baik domestic ataupun luar negeri yang tak kalah ingin melihat salah satu festival terbesar di Jepang ini. Nah, kalau ke Asakusa ini, bagi kamu muslim banyak sekali lho tempat yang menyediakan makanan halal plus tempat sholatnya, cek lebih lengkapnya sekaligus rute detailnya di http://www.halal-navi.com

Ps. Tetap bawa jaketmu karena rasa-rasa awal musim semi ini masih seperti musim dingin lho! Jadi, tetap jaga kesehatan, jaga ibadah, dan fun travelling in Japan!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *